Select Page

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin bersama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan pantauan Pos Penyekatan PPKM Darurat di Prambanan, Sleman, Kamis (8/7/2021). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian roadshow ke sejumlah daerah guna memantau langsung sejumlah kegiatan terkait PPKM Darurat.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan untuk mengurangi pandemi Covid-19 harus bisa mengurangi laju penularan, salah satunya membatasi pergerakan agar tidak terjadi tidak terjadi. “Saya menyambut baik kegiatan yang dilakukan pada pos penyekatan tersebut untuk mengurangi mobilisasi dan merenggangkan jarak dan berharap masyarakat bisa memahami,” kata Budi.

Pos Pembatasan Prambanan

Senada dengan Menkes, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan untuk mengurangi mobilitas pergerakan, salah satu strateginya mengurangi kontak erat. Mengurangi kontak erat atau menjaga jarak penting dilakukan pada pelaksanaan PPKM darurat untuk mengurangi kasus aktif setiap hari.

“Kita kontrol bersama Kapolri dan Menkes melihat di lapangan apakah pelaksanaan PPKM darurat khususnya mengurangi mobilitas masyarakat bisa berjalan, dan kita lihat semua berjalan dengan baik,” kata Panglima TNI.

Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjelaskan PPKM Darurat diberlakukan pemerintah mulai 3 Juli 2021. PPKM Darurat merupakan kegiatan dalam rangka mengatasi penyebaran Covid-19. “Kunci dari penanganan Covid 19 adalah bagaimana menekan laju mobilitas,” katanya.

Menurutnya, pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pemeriksaan yang dilakukan di pos penyekatan. “Kami lihat prosesnya berjalan dengan baik dan masyarakat sudah memahami, apabila ketentuan ini dipatuhi diharapkan penularan Covid 19 bisa ditekan,” tambah Kapolri.

Tinjauan Pos Prambanan

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan Pos Penyekatan PPKM Darurat di Prambanan ini diadakan untuk mengurangi mobilisasi pergerakan masa dari luar daerah yang akan masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Alhamdulillah dari evaluasi Bapak Panglima TNI, Kapolri dan Menkes, pelaksanaan operasi di Pos Penyekatan PPKM Darurat di wilayah Prambanan ini dinilai baik. Kami berharap upaya ini dapat membantu memutus penyebaran Covid-19,” kata Danang.